Senin, 30 November 2009

INTERNET

0 komentar
INTERNET




Abdul Hady

Danan Rizki

Nurhadi Pramana

Raden Nareswara
XII IPA 3


Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Bogor
Jl. Ir. H. Djuanda No. 16 Kota Bogor
2007/2008









Sejarah Internet

Cikal bakal Internet sesungguhnya diawali dari Uni Soviet, ketika pada tahun 1957 mereka meluncurkan sebuah satelit bernama Sputnik. Peluncuran Sputnik ini dirasakan sebagai “ancaman” oleh musuh besar mereka, yaitu Amerika Serikat. Presiden Dwight D. Eisenhower menyatakan perlunya membangun sebuah teknologi yang membuat AS tetap sebagai negara superior. Kemudian dibentuklah sebuah badan yang disebut Advanced Research Projects Agency (ARPA). ARPA bernaung di bawah Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau Department of Defense (DoD).

Pada tahun 1969, DoD memberi tugas kepada ARPA untuk membangun sebuah mata rantai komunikasi antara DoD dengan militer yang tidak dapat disabot oleh musuh mereka. Jaringan komunikasi yang diciptakan ini disebut ARPAnet. Pada awalnya, ARPAnet hanya menghubungkan empat buah situs saja, yaitu :
Stanford Research Institute (SRI)
University of California at Santa Barbara (UCSB)
University of California at Los Angeles (UCLA)
University of Utah

Pada tahun 1970, penelitian yang dilakukan di Stanford University menghasilkan sebuah protokol yang disebut TCP/IP. Protokol TCP/IP inilah yang berkembang terus hingga sekarang dan menjadi protokol standar dalam Internet.

A. Sejarah Internet Indonesia

Dimulai pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet.

B. Awal Internet Indonesia

RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah mengkontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.

Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS berjudul "Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio" di akhir tahun 1990 dan awal tahun 1991. Juga beberapa artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB di tahun 1989.

Inspirasi tulisan-tulisan awal Internet Indonesia datangnya dari kegiatan di amatir radio khususnya di Amateur Radio Club (ARC) ITB di tahun 1986. Bermodal pesawat Transceiver HF SSB Kenwood TS430 milik Harya Sudirapratama (YC1HCE) dengan komputer Apple II milik Onno W. Purbo (YC1DAV) sekitar belasan anak muda ITB seperti Harya Sudirapratama (YC1HCE), J. Tjandra Pramudito (YB3NR), Suryono Adisoemarta (N5SNN) bersama Onno W. Purbo, berguru pada para senior radio amatir seperti Robby Soebiakto (YB1BG), Achmad Zaini (YB1HR), Yos (YB2SV), di band 40m. Robby Soebiakto merupakan pakar diantara para amatir radio di Indonesia khususnya untuk komunikasi data packet radio yang kemudian didorong ke arah TCP/IP, teknologi packet radio TCP/IP yang kemudian diadopsi oleh rekan-rekan BPPT, LAPAN, UI, dan ITB yang kemudian menjadi tumpuan PaguyubanNet di tahun 1992-1994. Robby Soebiakto menjadi koordinator IP pertama dari AMPR-net (Amatir Packet Radio Network) yang di Internet dikenal dengan domain AMPR.ORG dan IP 44.132. Sejak tahun 2000, AMPR-net Indonesia di koordinir oleh Onno W. Purbo (YC0MLC). Koordinasi dan aktivitasnya mengharuskan seseorang untuk menjadi anggota ORARI dan di koordinasi melalui mailing list ORARI, seperti, orari-news@yahoogroups.com.

Di tahun 1986-1987 yang merupakan awal perkembangan jaringan paket radio di Indonesia, Robby Soebiakto merupakan pionir di kalangan pelaku radio amatir Indonesia yang mengaitkan jaringan amatir Bulletin Board System (BBS) yang merupakan jaringan e-mail store and forward yang mengkaitkan banyak "server" BBS amatir radio seluruh dunia agar e-mail dapat berjalan dengan lancar. Di awal tahun 1990, komunikasi antara Onno W. Purbo yang waktu itu berada di Kanada dengan panggilan YC1DAV/VE3 dengan rekan-rekan radio amatir di Indonesia dilakukan melalui jaringan amatir radio ini. Dengan peralatan PC/XT dan walkie talkie 2 meteran, komunikasi antara Indonesia-Kanada terus dilakukan dengan lancar melalui jaringan radio amatir. Robby Soebiakto berhasil membangun gateway amatir satelit di rumahnya di Cinere melalui satelit-satelit OSCAR milik radio amatir kemudian melakukan komunikasi lebih lanjut yang lebih cepat antara Indonesia-Kanada. Pengetahuan secara perlahan ditransfer dan berkembang melalui jaringan radio amatir ini.

RMS Ibrahim (biasa dipanggil Ibam) merupakan motor dibalik operasional Internet di UI. RMS Ibrahim pernah menjadi operator yang menjalankan gateway ke Internet dari UI yang merupakan bagian dari jaringan universitas di Indonesia UNINET. Protokol UUCP yang lebih sederhana daripada TCP/IP digunakan terutama digunakan untuk mentransfer e-mail & newsgroup. RMS Ibrahim juga merupakan pemegang pertama Country Code Top Level Domain (ccTLD) yang dikemudian hari dikenal sebagai IDNIC [1].

Muhammad Ihsan adalah staff peneliti di LAPAN Ranca Bungur tidak jauh dari Bogor yang di awal tahun 1990-an di dukung oleh pimpinannya Ibu Adrianti dalam kerjasama dengan DLR (NASA-nya Jerman) mencoba mengembangkan jaringan komputer menggunakan teknologi packet radio pada band 70cm & 2m. Jaringan tersebut dikenal sebagai JASIPAKTA dengan dukungan DLR Jerman. Protokol TCP/IP di operasikan di atas protokol AX.25 pada infrastruktur packet radio. Muhammad Ihsan mengoperasikan relay penghubung antara ITB di Bandung dengan gateway Internet yang ada di BPPT di tahun 1993-1998.

Firman Siregar merupakan salah seorang motor di BPPT yang mengoperasikan gateway radio paket bekerja pada band 70cm di tahun 1993-1998-an. PC 386 sederhana menjalankan program NOS di atas sistem operasi DOS digunakan sebagai gateway packet radio TCP/IP. IPTEKNET masih berada di tahapan sangat awal perkembangannya saluran komunikasi ke internet masih menggunakan protokol X.25 melalui jaringan Sistem Komunikasi Data Paket (SKDP) terkait pada gateway di DLR Jerman.

Putu sebuah nama yang melekat dengan perkembangan PUSDATA DEPRIN waktu masa kepemimpinan Bapak Menteri Tungki Ariwibowo menjalankan BBS pusdata.dprin.go.id. Di masa awal perkembangannya BBS Pak Putu sangat berjasa dalam membangun pengguna e-mail khususnya di jakarta Pak Putu sangat beruntung mempunyai menteri Pak Tungki yang "maniak" IT dan yang mengesankan dari Pak Tungki beliau akan menjawab e-mail sendiri. Barangkali Pak Tungki adalah menteri pertama di Indonesia yang menjawab e-mail sendiri.

Suryono Adisoemarta N5SNN di akhir 1992 kembali ke Indonesia, kesempatan tersebut tidak dilewatkan oleh anggota Amateur Radio Club (ARC) ITB seperti Basuki Suhardiman, Aulia K. Arief, Arman Hazairin di dukung oleh Adi Indrayanto untuk mencoba mengembangkan gateway radio paket di ITB. Berawal semangat & bermodalkan PC 286 bekas barangkali ITB merupakan lembaga yang paling miskin yang nekad untuk berkiprah di jaringan PaguyubanNet. Rekan lainnya seperti UI, BPPT, LAPAN, PUSDATA DEPRIN merupakan lembaga yang lebih dahulu terkait ke jaringan di tahun 1990-an mereka mempunyai fasilitas yang jauh lebih baik daripada ITB. Di ITB modem radio paket berupa Terminal Node Controller (TNC) merupakan peralatan pinjaman dari Muhammad Ihsan dari LAPAN.

Berawal dari teknologi radio paket 1200bps, ITB kemudian berkembang di tahun 1995-an memperoleh sambungan leased line 14.4Kbps ke RISTI Telkom sebagai bagian dari IPTEKNET akses Internet tetap diberikan secara cuma-cuma kepada rekan-rekan yang lain. September 1996 merupakan tahun peralihan bagi ITB, karena keterkaitan ITB dengan jaringan penelitian Asia Internet Interconnection Initiatives (AI3) sehingga memperoleh bandwidth 1.5Mbps ke Jepang yang terus ditambah dengan sambungan ke TelkomNet & IIX sebesar 2Mbps. ITB akhirnya menjadi salah satu bagian terpenting.

C. Pengguna Awal Internet Lewat CIX dan Compuserve

Sejak 1988, CIX (Inggris) menawarkan jasa E-mail dan Newsgroup. Belakangan menawarkan jasa akses HTTP dan FTP. Beberapa pengguna Internet memakai modem 1200 bps dan saluran telpon Internasional yang sangat mahal untuk mengakses Internet. Sejak 1989 Compuserve (AS) juga menawarkan jasa E-mail dan belakangan Newsgroup, HTTP/FTP. Beberapa pengguna Compuserve memakai modem yang dihubungkan dengan Gateway Infonet yang terletak di Jakarta. Biaya akses Compuserve masih mahal, tetapi jauh lebih murah dari CIX.

D. Fasilitas Internet

Secara garis besar internet memiliki beberapa fasilitas. Fasilitas tersebut banyak digunakan oleh pengguna, guna memenuhi kepentingannya. Di antara fasililitas tersebut adalah sebagai berikut :

a. World Wide Web (WWW)

World Wide Web (WWW) ini anda dapat mengambil, memformat, dan menampilkan informasi (termasuk teks, audio, grafik, dan video) dengan menggunakan hypertext links).

b. Electronic Mail (E-Mail)

Fasilitas ini digunakan untuk berkirim surat/berita dengan orang lain, tanpa mengenal batas, waktu, ruang bahkan birokrasi. E-Mail merupakan salah satu contoh wahana pengakses informasi superhighway. E-Mail merupakan wahana yang paling tua dan paling populer sebagai pengakses informasi. E-Mail memungkinkan seorang individu mengirimkan pesannya langsung ke individu lain dalam waktu yang cepat. Tetapi, tidak tertutup kemungkinan E-mail digunakan untuk berkomunikasi pada orang banyak, misalnya dengan mengirimkan pesan pada sebuah kelompok alamat dan kelompok alamat ini mengirimkannya pada nomor-nomor E-Mail lain yang termasuk dalam mailing listnya.

c. Mailing List

Fasilitas ini digunakan untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan e-mail. Mailing list ini umumnya digunakan untuk bertukar informasi, pendapat, dan lain sebagainya dalam jarak jauh.

Mailing list adalah sistem yang mengirim pesan-pesan untuk kelompok orang, bisa berupa berita, artikel, catatan, dan sebagainya. Seiring dengan terbentuknya berbagai kelompok, maka terdapat ribuan mailing list di seluruh dunia. Setiap mailing list memiliki seorang individu yang menjadi penanggung jawab. Bila seseorang ingin berlangganan sebuah mailing list, dia cukup menulis surat pada alamat mailing list tersebut. Kemudian "moderator" mailing list tersebut akan memutuskan apakah permohonannya akan diterima atau tidak. Bagi mailing list yang tidak memiliki "moderator", kondisinya akan lebih terbuka. Anggota mailing list tersebut mengirim dan menerima pesan dari semua individu.

d. Bulletin Board System

Lebih populer dengan sebutan BBS. BBS adalah tempat menyimpan pesan atau file yang sesuai dengan topik yang sudah ditentukan. Terdapat ribuan BBS di seluruh dunia.
Setiap BBS memiliki seorang "administrator". Untuk memanfaatkan BBS, seorang individu bisa menghubunginya melalui Telnet dan memilih dari sistem menu.

e. Telnet

Fasilitas ini digunakan untuk masuk ke sistem komputer tertentu dan bekerja pada sistem komputer yang lain.

f. Chatting

Fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain dalam internet. Pada umumnya fasilitas ini sering digunakan untuk bercakap-cakap atau ngobrol di internet.

g. Newsgroup

Fasilitas ini digunakan untuk berkonferensi jarak jauh, sehingga anda dapat menyampaikan pendapat dan tanggapan dalam internet.

H. File Transfer Protokol


Fasilitas ini digunakan untuk melakukan pengambilan arsip atau file secara elektronik atau transfer file dari satu komputer ke komputer lain di internet. Beberapa di internet telahtersedia file atau dokumen yang siap untuk diduplikat oleh orang lain secara gratis (free).

i. Gopher

Fasilitas ini digunakan untuk menempatkan informasi yang disimpan pada internet server dengan menggunakan hirarki menu dan anda dapat mengambil informasi tersebut.



JENIS KONEKSI INTERNET


A. GPRS

General Packet Radio Service adalah sistem koneksi Internet yang menggunakan perangkat GSM. Dengan GPRS, panggilan voice dapat dilakukan secara bersamaan dengan transmisi data. Nama lain dari GPRS adalah GSM-IP (GSM Internet Protocol), karena menghubungkan pengguna dengan ISP.

B. Wave LAN

Teknologi untuk koneksi Internet ini cukup populer di kalangan warung Internet dan perkantoran. Wave LAN cocok digunakan untuk lokasi yang belum atau sulit terpasang instalasi kabel telepon, pada jaringan sementara, dan kondisi khusus lainnya. Teknologi yang ada pada Wave LAN merupakan teknologi transmisi data menggunakan media radio yang dikenal sebagai Code Division Multiple Access (CDMA). Bersambung....

Mau tahu kelanjutannya tentang internet Silahkan Download diSini







Minggu, 29 November 2009

E-Commerce

0 komentar
E-Commerce

Electronic Commerce merupakan perniagaan yang menggunakan media electronic, khususnya Internet & Web
Surat (mail) – e-mail
Perniagaan (commerce) – e-commerce
Adanya peluang (opportunity) di sana

E-commerce & IT

Landasan utama e-commerce adalah (electronic-based) Information Technology (IT, Teknologi Informasi)

Pengguna E-Commerce

Ada 5 kelompok yg berhubungan dgn
E-Commerce:

1.Merchant

2.Provider

3.Fasilitator

4.Bank

5.Consumer

untuk mengetahui ecomerce lebih lanjut silahkan download disini

Sabtu, 28 November 2009

SKRIPSI PEMBUATAN SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT DR. MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG

6 komentar
PEMBUATAN SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS
DI RUMAH SAKIT DR. MOHAMMAD HOESIN
PALEMBANG

Oleh :

M ALFI M

09061003027

JURUSAN SISTEM INFORMASI

FAKULTAS ILMU KOMPUTER

INDERALAYA

2009






ABSTRAK

Sistem informasi rekam medis di Rumah Sakit Dr. Mohammad Hoesin masih memiliki banyak kelemahan dan kekurangan dalam hal pengoperasian, sehingga mengakibatkan pelayanan menjadi terganggu. Selain itu laporan eksternal (RL2a dan RL2b) yang dihasilkan tidak sesuai dengan Sistem Pelaporan Rumah Sakit Revisi V dan tidak valid, sehingga untuk membuat laporan eksternal yang benar harus melalui proses yang tidak efisien.

Penelitian ini dimaksudkan untuk membuat sistem informasi rekam medis yang dapat memenuhi kebutuhan Instalasi Rekam Medis di Rumah Sakit Dr. Mohammad Hosein dalam hal kemudahan pembuatan laporan dan validitas laporan yang dihasilkan.

Hasil yang dicapai pada penelitian ini adalah sistem informasi rekam medis yang dapat mempersingkat proses pembuatan laporan dan dapat menghasilkan laporan eksternal yang valid dalam artian data yang didapatkan dalam bentuk laporan sesuai dengan data yang diinputkan dan sesuai dengan buku Sistem Pelaporan Rumah Sakit Revisi V.

Kata kunci : Sistem Informasi Rekam Medis, Rumah Sakit Dr. Mohammad Hoesin, Electronic Medical Record, Web Application, Web Based Information System.



Untuk mendapatkan SKRIPSI PEMBUATAN SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT DR. MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG Lebih lengkap silahkan download disini



Jumat, 27 November 2009

KEYLOGGER SEBAGAI KEJAHATAN PENCURIAN HAK ACCESS

0 komentar
KEYLOGGER SEBAGAI KEJAHATAN PENCURIAN HAK ACCESS


Keylogger merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard. Sebuah keylogger biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol keyboard tersebut ke dalam sebuah berkas log/catatan/rekaman. Beberapa keylogger tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke e-mail tertentu secara periodik.

Keylogger dapat digunakan untuk kepentingan yang baik atau bahkan bisa digunakan untuk kepentingan yang jahat. Kepentingan yang baik antara lain untuk memantau produktivitas karyawan untuk penegakan hukum dan pencarian bukti kejahatan. Kepentingan yang buruk antara lain pencurian data dan password. Namun pada saat ini Keylogger itu sendiri lebih banyak digunakan untuk kejahatan karena dengan mudahnya korban dapat terpedaya terutama dalam memberikan hak accesnya.

Keylogger dibuat dalam 2 jenis yaitu Software dan Hardware, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda dengan tujuan yang sama. Contoh keylogger berbentuk software adalah Invisible Keylogger, KGB Keylogger, dan Stealth Keylogger. Software ini bisa di install ke computer korban dan secara otomatis software ini akan menyembunyikan dirinya sehingga tidak diketahui oleh korbannya. Korban tidak akan bisa melihat program ini sedang berjalan, karena semua software keylogger menawarkan Hide modus (Modus Sembunyi) yang tidak akan menampilkan icon, nama program pada task manager dan lainnya. Banyak juga Trojan yang digunakan para hacker yang berfungsi sebagai keylogger seperti Back Orifice, Netbus, Sub Seven,dll.

Kekurangan dari software keylogger adalah keberadaanya yang dapat dideteksi oleh program-program anti-spyware dan antivirus seperti Norton, Spycop, WhoĆ¢€™s Watching me,dll. Sedangkan bentuk keylogger yang mudah digunakan dan tidak terdeteksi anti-spyware dan anti virus adalah hardware keylogger. Hardware keylogger juga dapat bekerja pada system operasi apapun dan bahkan password login system operasi juga bisa direkam.

Pada dasarnya ketikan apapun, dimanapun dan dengan Sistem Operasi apapun tidak berpengaruh terhadap hardware keylogger. Semua ketikan yang dilakukan akan terlebih dahulu melalui hardware keylogger yang telah terpasang sebelum dialirkan ke computer itu sendiri. Karena bentuknya yang berupa hardware, maka untuk memasang keylogger jenis ini diperlukan akses fisik ke computer yang hendak dipasang. Jika anda ingin memasang ke computer yang berada di Afrika,jelas anda harus ke Afrika untuk memasang keylogger hardware tersebut. Inillah alasan mengapa hardware keylogger tidak banyak diketahui secara umum dan tentunya ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi para hacker, bahkan di Indonesia belum ditemukan toko yang menjual produk keylogger hardware ini.

Beberapa situs penyedia keylogger antara lain www.keyghost.com, www.amecisco.com, dan www.keyloggersdirect.com. Hardware keylogger biasanya dipasang diantara konektor kabel asli keyboard dan port mouse pada computer. Karena pada umumnya keyboard saat ini menggunakan konektor PS2 dan USB, hardware keylogger juga tersedia dalam 2 macam yaitu PS2 dan USB. Jenis keylogger semacam ini relative mudah dideteksi dengan melihat secara fisik kabel keyboard computer yang sedang digunakan. Namun,terkadang computer-komputer public seperti warnet memasang lemari kecil untuk komputernya sehingga tidak memungkinkan kita untuk mengeceknya dan hal ini menjadikan bermain internet di warnet menjadi sangat rawan penyadapan. Dengan cara inilah semua enkripsi yang sekuat dan serumit apapun menjadi percuma dan dengan mudah bisa dicuri.

Untuk mengetahui tentang KEYLOGGER SEBAGAI KEJAHATAN PENCURIAN HAK ACCESS Lebih lengkap silahkan download disini



Biometric

0 komentar
Biometric





Oleh :

M ALFI M

09061003027



JURUSAN SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
INDERALAYA
2009



Biometric – Badan Anda Adalah Password

Dalam dunia perdagangan seperti e-commerce, kepercayaan (trust) merupakan kunci utama terjadinya transaksi. Secara konvensional umumnya kita menggunakan berbagai teknik password & security yang di bangkitkan melalui data yang masukan ke komputer. Data tersebut umumnya di masukan secara manual menggunakan tangan.

Beberapa konsep telah dikembangkan untuk menjamin kepercayaan (trust) tersebut. Contoh yang sering kita kenal, ada konsep Certificate Authority(CA) yang merupakan badan autoritas yang melakukan registrasi identitas dari semua pelaku transaksi yang bisa di pertanggung jawabkan indentitasnya. Pengamanan Certificate Authority dilakukan dengan mekanisme penyandian / enkripsi yang bertumpu pada Public Key Infrastructure (PKI) yang menggunakan pasangan kunci (kunci public & kunci private) untuk menyandikan informasi yang akan dikirim.


Sialnya konsep CA & PKI ini, kita mengandalkan informasi identitas yang dimasukan secara manual kedalam sistem. Umumnya, tidak ada keterkaitan antara data di CA & PKI dengan data fisik (badan) dari pelaku transaksi. Hal ini agak menyulitkan karena seluruh proses akan sangat tergantung kepada keahlian si pelaku dalam menyimpan password / kunci private yang biasa digunakan dalam proses transaksi. Untuk mengatasi hal ini maka mulai berkembang pemikiran-pemikiran untuk menggunakan anggota badan sebagai komponen “password” untuk authentikasi dalam menjamin kepercayaan (trust). Hal ini tampak nyata sekali dalam pameran COMDEX di Las Vegas akhir tahun 2000 yang lalu dimana penulis berkesempatan untuk hadir atas sponsor dari rekan-rekan di Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO).



Untuk mengetahui tentang Biometric Lebih lengkap silahkan download disini


Kamis, 26 November 2009

Teknologi Nvidia Tesla Sebagai Obsesi Nvidia Dalam membuat GPGPU untuk menandingi CPU

0 komentar

Teknologi Nvidia Tesla Sebagai Obsesi Nvidia Dalam membuat GPGPU untuk menandingi CPU


Teknologi Nvidia Tesla Dengan daya proses GPUs (yaitu. grafik chip yang ditempatkan di VGA) Semakin hari makin meningkat sampai ke titik yang lebih tangguh dibanding CPU yang reguler untuk kalkulasi matematik,pembahasan GPU tidak bisa digunakan sebagai CPU untuk memproses program-program reguler. Gagasan, yang dikenal sebagai GPGPU (General-purpose computation on GPUs), untuk diberikan kepada kalkulasi GPU yang sebagaimana akan dilaksanakan oleh CPU untuk meningkatkan kinerja.

Masalahnya adalah bagaimana caranya untuk melakukan hal ini, sebagai seorang programmer mau tidak mau harus mengetahui bagaimana caranya memprogram pada suatu GPU yang spesifik untuk membuat suatu program yang bisa menggunakan sistim GPU, dan program ini tidak akan bekerja dengan suatu GPU yang berbeda.

Untuk memecahkan isu ini nVidia meluncurkan suatu compiler C yang cuma-cuma kepada GeForce 8800 series mereka, dinamakan CUDA. Dengan CUDA setiap programmer dapat dengan mudah mengcompile program-program mereka yang ditulis didalam bahasa C dengan menggunakan kuasa sistim GPU untuk memproses program mereka.

Selangkah lebih maju, nVidia meluncurkan satu rangkaian “kartu video” yang dinamakan Tesla. Ini adalah “Video card ” tonjolkan GeForce 8800 GPUs tetapi mereka tidak menghasilkan video. GPU ditargetkan untuk digunakan seperti CPUs, pengolahan dan memprogram. Di dalam artikel ini, kita akan mengatakan kepada anda segala hal yang anda perlu untuk memahami tentang Tesla, termasuk banyak gambar-gambar dari solusi-solusi Tesla.

Program-program ini yang harus di-compile dengan CUDA. Para pemakai biasa tidak akan mendapatkan manfaat dari teknologi ini, janganberpikir bahwa dengan memasang satu card ini di PC mu, kinerja pengolahan komputer anda akan secara otomatis terjadi peningkatan.

Segala hal kalkulasi yang berat dalam pemrograman dalam mengerjakan berbagai hal di dalam paralel dapat diuntungkan dari penggunaan dari GPGPU , jika mereka di-compile untuk menggunakan GPU, tentu saja. Hal ini dimasukkan di dalamnya kebanyakan simulasi-simulasi (ilmu fisika, keuangan, medis, biologi dan bahan kimia, sebagai contoh).



Untuk mengetahui tentang Teknologi Nvidia Tesla Sebagai Obsesi Nvidia Dalam membuat GPGPU untuk menandingi CPU Lebih lengkap silahkan download disini



Rabu, 25 November 2009

PENGGUNAAN TEKNOLOGI GPGPU SEBAGAI PENGGANTI CPU DALAM PENGOLAHAN KINERJA APLIKASI

1 komentar
PENGGUNAAN TEKNOLOGI GPGPU SEBAGAI PENGGANTI CPU DALAM PENGOLAHAN KINERJA APLIKASI



Disusun Oleh :

Tommy Setiawan

09061003036



Program : Sistem Informasi
Dosen Pembimbing : Bpk. Apriansyah Putra, M. Kom
Mata Kuliah : Teknik Penulisan Karya Ilmiah




UNIVERSITAS SRIWIJAYA







BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Dunia IT saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat dimana teknologi-teknologi yang ada setiap detiknya memiliki peran penting yang berarti bagi kebutuhan hidup umat manusia. Pada sisi persoalan kinerja tentunya setiap user menginginkan kinerja yang terbilang cukup cepat bahkan ekstrim sebagai upaya dalam penghematan waktu dan pengembangan teknologi kedalam skala yang lebih luas dan besar. Teknologi GPGPU merupakan salah satu teknologi tercanggih saat yang ditawarkan oleh para produsen GPU terkemuka. Teknologi ini menawarkan tingkat komputasi yang lebih dahsyat dari CPU dikarenakan menggunakan kekuatan kalkulasi dari sebuah GPU yang saat ini sudah mencapai 2 Terra Flops lebih dan tentunya dibantu oleh software engine seperti CUDA (Nvidia) dan STREAM (ATI) sebagai jembatan penghubung antara software yang diproses dan harware yang memproses.

Dengan diklaimnya penggunaan GPGPU dapat mengganti posisi sebuah CPU yang menyebabkan perbedaan kontras dari berbagai pihak. Tentunya pada pihak produsen CPU dan para vendor yang mendukung pengembangan CPU akan melakukan demonstrasi teknologi secara besar-besaran. Dalam hal ini mereka akan terus mencoba melakukan pengembangan agar pasar CPU akan terus bertahan untuk memikat hati para konsumen walaupun dengan cara yang kurang relevan.

1.2 Tujuan

Penulis tertarik dengan jurnal tersebut dan mencoba untuk mengulas isi nya lewat makalah ini. Dengan jadinya makalah ini diharapkan :

1. Mahasiswa dapat menemukan referensi mengenai teknologi GPGPU yang telah dirangkum dalam makalah ini.

2. Teknologi GPGPU yang telah ada dapat menjadi bahan ilmu pengetahuan dalam mempelajari perilaku para produsen dan kompetitornya.

3. Dengan pemanfaatan GPGPU diharapkan dapat membantu kinerja komputasi dalam pengolahan aplikasi digital yang tidak dapat dilakukan CPU secara cepat.

1.3 Metode Penulisan

Penulis membuat makalah ini menggunakan metode observasi dan kepustakaan. Cara-cara yang digunakan pada penelitian ini adalah :

Dalam metode ini penulis membaca hasil temuan informasi yang berasal dari internet berkaitan dengan penulisan makalah ini. Sebelumnya penulis juga mempelajari dan mengamati tentang hasil temuan untuk mendapatkan informasi yang akurat yang berguna sebagai referensi dikemudian hari.




Untuk mengetahui tentang PENGGUNAAN TEKNOLOGI GPGPU SEBAGAI PENGGANTI CPU DALAM PENGOLAHAN KINERJA APLIKASI Lebih lengkap silahkan download disini



Laporan Kerja Praktek Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Fasilitas Layanan Jaminan Kesehatan Masyarakat Pada Rumah Sakit Khusus Mata Masyarakat

1 komentar
Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Fasilitas Layanan Jaminan Kesehatan Masyarakat Pada Rumah Sakit Khusus Mata Masyarakat

Oleh : Tommy Setiawan

NIM : 09061003036


Bab 1 Pendahuluan

Latar Belakang

Rumah Sakit Khusus Mata Masyarakat, Palembang merupakan perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang kesehatan spesialis mata. Rumah Sakit ini sebagai rekomendasi kerja praktek yang tepat bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Sistem Informasi Universitas Sriwijaya, khususnya di bagian Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).

Pada bagian ini mahasiswa diharapkan dapat mengetahui proses dan prosedur mendapatkan suatu layananan yang disebut Jamkesmas. Dalam menyelesaikan prosedur layanan ini masyarakat mengalami kesulitan pada tiap langkah yang dijalani karena terlalu memakan banyak waktu di proses registrasi, diharapkan nantinya tiap masyarakat yang kurang mampu dapat berobat dengan bebas biaya melalui verifikasi ke bagian Jamkesmas tanpa mempersulit prosedur registrasi.



ingin mendapatkan Laporan Kerja Praktek Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Fasilitas Layanan Jaminan Kesehatan Masyarakat Pada Rumah Sakit Khusus Mata Masyarakat silahkan download disini



Senin, 23 November 2009

MODUL PRAKTIKUM PEMROGRAMAN INTERNET

0 komentar
MODUL PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN INTERNET





DAFTAR ISI

Chapter 1 : HTML, PHP & MySQL
@ Membuat Aps. Buku Tamu (Guestbook)
@ Membuat Aps. Jajak Pendapat (Polling)
@ Membuat Aps. Search Engine
@ Membuat Aps. File Upload
Chapter 2 : CSS (Cascading Style Sheet)
@ Pengenalan CSS, Grouping & Inheritance
@ Pembuatan List (Daftar)
@ Cara Penggunaan Huruf (Warna, Ukuran dll)
Chapter 3 : JavaScript
@ Pengenalan JS dan Pembuatan Kalender
@ Menonaktifkan Klik Kanan pada Mouse
@ Operasi Matematika pada JavaScript
@ Pembuatan Scroll Vertical
Chapter 4 : Case Study
@ Program Aplikasi Persewaan Mobil
@ Program Aplikasi Online Store (e-Commerce)


ingin mendapatkan MODUL PRAKTIKUM PEMROGRAMAN INTERNET silahkan download disini









Minggu, 22 November 2009

SISTEM PAKAR EVALUASI KELAYAKAN KREDIT

0 komentar
SISTEM PAKAR EVALUASI KELAYAKAN KREDIT


SISTEM PAKAR EVALUASI KELAYAKAN KREDIT

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang masalah

Kegiatan ini merupakan kegiatan bank (kreditur) menjual dana, yang berhasil dihimpun, kepada masyarakat (debitur). Penyaluran dana dilakukan bank melalui pemberian pinjaman (kredit).


Kredit yang diberikan oleh bank terdiri dari berbagai jenis tergantung dari kemampuan bank yang menyalurkannya. Demikian juga dengan jumah serta tingkat suku bunga yang ditawarkan.


Menurut UU Perbankan No. 10 Tahun 1998, Kredit adalah :

penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam anata bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga”.


Perbedaan yang mendasar antara kredit dari bank konvensional dan bank syariah adalah pada keuntungan yang diharapkan :

- Bank konvensional �� keuntungan yang diperoleh melalui bunga

- Bank syariah �� keuntungan berdasarkan bagi hasil berupa imbalan atau bagi hasil


Sebelum kredit dikucurkan bank terlebih dulu menilai kelayakan kredit yang diajukan, dengan tujuan agar bank yakin bahwa kredit / pinjaman yang diberikan (PYD) benarbenar aman. Penilaian kelayakan kredit ini mencakup :

o latar belakang nasabah atau perusahaan

o prospek usahanya

o jaminan yang diberikan

o dll.


Untuk mengetahui tentang SISTEM PAKAR EVALUASI KELAYAKAN KREDIT Lebih lengkap silahkan download disini



CARA KERJA KACAMATA TEMBUS PANDANG

0 komentar

Yang Perlu anda ketahui adalah Kacamata tembus pandang kini bukan Cuma khayalan. Advance Technologie Centre, sebuah laboratorium riset dari perusahaan BAE system di Inggris telah mengembangkan kacamata tembus pandang yang memanfaatkan teknologi spectrum kecil gelombang radio, yaitu gelombang Terahertz.
Jika anda pernah menonton film fiksi ilmiah Totall Recall, seperti itulah cara kerja kacamata tembus pandang ini. Buat mereka yang berpikiran kotor alias cabul akan senang sekali jika memiliki kacamata tembus pandang ini. Apalagi ketika berlibur ke pantai, memandangi gadis-gadis cantik sambil mengenakan kacamata canggih ini. Gadis-gadis itu tidak sadar kalau sedang diintip. Tetapi percayalah kacamata ini diciptakan bukan untuk para pemilik pikiran kotor alias “Piktor”.
Kacamata tembus pandang ini meskipun menggunakan gelombang radio dijamin aman di mata pemakainya. Gelombang Terahertz berada pada frekuensi antara gelombang mikro radar dan gelombang inframerah. Berada pada frekuensi 1 juta megahertz, tidak terlihat dan tidak mengganggu mata. Daya jangkau tembusnya yang lebih besar dari sinar X, membuat gelombang terahertz mampu mendeteksi benda pada jarak jauh yang disembunyikan di balik baju atau bungkusan.
Teknologi ini nantinya tak hanya berguna untuk senjata antiteroris, mendeteksi senjata api, bahan peledak, hingga bahan kimia berbahaya. Tetapi bisa juga diaplikasikan untuk bidang kedokteran seperti untuk mendeteksi kanker kulit, deteksi dini kerusakan gigi, dan juga mengendus peradangan narkotika.

ingin melihat video cara kerja kacamata tembus pandang silahkan download disini

Analisis Dan Desain Sistem Registrasi Pasien Jamkesmas Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Lahat

0 komentar
Jamkesmas

Jamkesmas adalah program bantuan sosial untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin dan tidak mampu. Program ini diselenggarankan secara nasional agar terjadi subsidi silang dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh bagi masyarakat miskin.

Rawat Jalan
Rawat Jalan adalah Suatu tindakan medis dimana pasien setelah mendapatkan pemeriksaan dokter ,pasien dapat langsung pulang.

Apotik
Apotik adalah suatu tempat tertentu, tempat dilakukan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran obat kepada masyarakat.
Syarat Pasien Rawat Jalan Jamkesmas

1. Kartu Peserta Jamkesmas yang didapat dari lurah / kades
2. Rujukan dari Puskesmas terdekat

ERD Sistem Registrasi Jamkesmas

Untuk mengetahui tentang Analisis Dan Desain Sistem Registrasi Pasien Jamkesmas Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Lahat Lebih lengkap silahkan download disini




Cohesion dan Coupling

0 komentar
INDEPENDENSI FUNGSIONAL

Konsep functional independence berkembang dari modularitas dan konsep bstraksi serta information hiding. Independence diukur dengan menggunakan 2 kriteria kualitatif, yaitu

1. Cohesion
2. Coupling

Cohesion ( keterpautan )
* Perluasan / kelanjutan dari information hiding
* Suatu modul kohesif membentuk sebuah tugas tunggal di dalam suatu software prosedur dan memerlukan sedikit interaksi dengan prosedur yang dibuat dalam bagian lain dari suatu program
Cohesion adalah suatu ukuran seberapa kuat hubungan dan fokusnya suatu modul perangkat lunak terhadap berbagai tanggung jawab.
Cohesion juga merupakan suatu jenis ordinal pengukuran yang biasanya dinyatakan dengan "high cohesion " atau "law cohesion ".
Modul-modul dengan cohesion yang tinggi cenderung untuk bersifat lebih baik karena cohesion yang tinggi memiliki beberapa ciri-ciri yang diinginkan dari perangkat lunak. Seperti ketahanan, kehandalan, Dapat digunkan kembali, dan mudah dipahami sedangkan cohesion yang rendah memiliki ciri-ciri yang tidak diinginkan seperti menjadi sulit untuk memelihara, sulit untuk menguji, sulit untuk gunakan kembali, dan bahkan sulit untuk diahami.
Tipe-tipe cohesion :
Coincidental cohesion (worst)
Logical cohesion
Temporal cohesion
Procedural cohesion
Communicational cohesion

untuk mengetahui cohesion dan coupling lebih dalam silahkan download disini



Jumat, 20 November 2009

SISTEM INFORMASI SELEKSI PENERIMAAN PEGAWAI FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS SRIWIJAYA

2 komentar
SISTEM INFORMASI SELEKSI PENERIMAAN PEGAWAI FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Lihat Gambar dibawah ini :




Pengenalan Organisasi

Program pendidikan di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Universitas Sriwijaya (Unsri) dimulai saat penyelenggaraan program pendidikan dan pelatihan profesional dalam bidang ilmu komputer di Pusat Komputer Universitas Sriwijaya tahun 1985. Tiga tahun kemudian Unsri mulai mengirimkan beberapa dosen untuk mengikuti pendidikan S2 di bidang TIK baik di dalam maupun di luar negeri.
Rancana untuk membuka Program Diploma Komputer (PDK) di Unsri secara intensif mulai dibicarakan pada bulan Juli 2002. Keseriusan rencana ini telihat saat dibentuknya panitia persiapan pendirian PDK pada bulan Oktober tahun itu juga. Panitia ini sempat mengalami pergantian ketua dari Dr. Zulkardi, M.Ikom., M.Sc. yang diangkat menjadi Kepala Dinas Kominfo Pemprov Sumsel, kepada Drs. Saparudin, M.T. yang saat itu menjabat Ketua UPT Pusat Komputer Unsri. Dengan komitmen pimpinan dan kerja keras panitia, pendirian PDK Unsri dapat diwujudkan pada bulan Agustus 2003 melalui surat izin Dirjen Dikti nomor 2275/D/T/2003 tanggal 5 September 2003. Pada tahun akademik 2003/2004, PDK Unsri mulai menerima mahasiswa baru untuk tiga program studi, yakni Manajemen Informatika jenjang DIII, Teknik Komputer jenjang DIII, Komputerisasi Akuntansi jenjang DIII. Selanjutnya melalui Surat Keputusan Rektor Unsri nomor 2984 RT/PT11.1.1/E/2003 tanggal 8 September 2003. PDK Unsri menyelenggarakan program studi Manajemen Informatika jenjang DI. Direktur PDK dijabat oleh Drs. Saparudin, M.T. dibantu oleh Asisten Direktur Ir. Bambang Tutuko, M.T. Ketua Jurusan Samsuryadi, S.Si., M.Kom. Kepala Laboratorium Ir. Siti Nurmaini, M.T. dan Kepala Tata Usaha Erwin, S.Si., M.Si. serta pelaksana tata usaha Fenni Selfania. Kegiatan administrasi, organisasi, manajemen, akademik dan
kemahasiswaan sepenuhnya dilaksanakan di Kampus Bukit Besar Palembang yang prasarana fisiknya eks Gedung Seminar Unsri di Bukit Besar Palembang yang telah direnovasi. Setelah 2 tahun beroperasi program studi DI Manajemen Informatika ditutup karena kurangnya peminat.



Untuk lebih dalam mengetahui SISTEM INFORMASI SELEKSI PENERIMAAN PEGAWAI FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS SRIWIJAYA silahkan download diSini


Selasa, 17 November 2009

DOKUMEN PERENCANAAN : Penerapan Pendekatan Terstruktur Pada PT. Universal dan Anugrah Palembang

0 komentar
DOKUMEN PERENCANAAN :
Penerapan Pendekatan Terstruktur Pada PT. Universal & Anugrah Palembang


1.Latar Belakang Organisasi

PT. Universal & Anugrah Palembang adalah cabang dari PT. Universal & Anugrah Jakarta yang mulai dikembangkan di Palembang pada tahun 2007, merupakan perusahaan yang bergerak dibidang otomotif khususnya mobil.

PT. Universal & Anugrah Palembang memiliki total karyawan sebanyak 92 orang dan saat ini sudah menjalankan bisnis pelayanan,diantaranya :

1. Penyewaan Mobil

2. Perbaikan Mobil (Bengkel)

3. Asuransi Mobil

4. Penjualan Suku Cadang/Onderdil Mobil

http://sisteminfomasi.blogspot.comNamun faktanya, yang memang baru benar-benar sudah berjalan dengan baik adalah bisnis penyewaan mobilnya saja dengan jumlah keseluruhan mobil yang siap disewakan adalah 50 unit mobil, dengan rata-rata pendapatan setiap satu mobil ± Rp 4.000.000 /bulan, jika dijumlahkan pendapatan rata-rata dari penyewaan mobil Rp.200.000.000/bulan.. Sedangkan untuk bisnis perbaikan(bengkel), penjualan suku cadang maupun asuransi belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Lebih rincinya ketiga pelayanan ini baru dioptimalkan bagi kepentingan internal perusahaan yaitu perawatan dan perbaikan mobil-mobil yang disewakan, untuk umum mereka baru melayani pemesanan-pemesanan khusus bagi perbaikan maupun perawatan mobil-mobil pribadi dengan jumlah pendapatan yang belum dapat dispesifikasikan. Maka dari itu perusahaan ini menginginkan peningkatkan pelayanan dibidang-bidang lain khususnya tiga bidang tersebut. Untuk asuransi, perusahan ini sudah mulai menjalin kerjasama dengan perusahaan asuransi lainnya guna meningkatkan kesempatan-kesempatan yang ingin diraih. Permasalahan-permasalahan lainnya yang dihadapi, yaitu :

1. Kurangnya kejelasan struktur organisasi diperusahaan dan adanya karyawan

yang memiliki jabatan ganda.

2. Antara perusahan pusat dan cabang belum terkoneksi/terhubung dengan baik

dalam penanganan laporan operasional perusahaan secara rutin

3. Pelayanan-pelayanan yang ada belum beroperasi secara optimal

5. Lokasi bangunan yang memang kurang strategis

6. Sistem informasi yang digunakan sebagian besar masih menggunakan

pendekatan tradisional

2. Proyek-Proyek Sistem Informasi yang Direncanakan

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, maka manajemen memutuskan untuk merencanakan suatu pengembangan sistem sebagai berikut :

  1. Proyek sistem informasi untuk peningkatan kualitas pelayanan dan pemasaran, serta pelayanan penyewaan mobil secara online.



Untuk mengetahui tentang DOKUMEN PERENCANAAN : Penerapan Pendekatan Terstruktur Pada PT. Universal dan Anugrah Palembang Lebih lengkap silahkan download disini



Blog Teman - Teman

KURS MATA UANG

Semua Ada Disini

Entri Populer

Tampilan Posting


Masukkan Code ini K1-AB9115-7
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Total Pengunjung

free counter

Harga dari sebuah Blog


This website is worth

What is your website worth?

Klik Disini

 

Sistem Informasi. Copyright 2010 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com