KenariMall.com

Rabu, 25 November 2009

PENGGUNAAN TEKNOLOGI GPGPU SEBAGAI PENGGANTI CPU DALAM PENGOLAHAN KINERJA APLIKASI


PENGGUNAAN TEKNOLOGI GPGPU SEBAGAI PENGGANTI CPU DALAM PENGOLAHAN KINERJA APLIKASI



Disusun Oleh :

Tommy Setiawan

09061003036



Program : Sistem Informasi
Dosen Pembimbing : Bpk. Apriansyah Putra, M. Kom
Mata Kuliah : Teknik Penulisan Karya Ilmiah




UNIVERSITAS SRIWIJAYA







BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Dunia IT saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat dimana teknologi-teknologi yang ada setiap detiknya memiliki peran penting yang berarti bagi kebutuhan hidup umat manusia. Pada sisi persoalan kinerja tentunya setiap user menginginkan kinerja yang terbilang cukup cepat bahkan ekstrim sebagai upaya dalam penghematan waktu dan pengembangan teknologi kedalam skala yang lebih luas dan besar. Teknologi GPGPU merupakan salah satu teknologi tercanggih saat yang ditawarkan oleh para produsen GPU terkemuka. Teknologi ini menawarkan tingkat komputasi yang lebih dahsyat dari CPU dikarenakan menggunakan kekuatan kalkulasi dari sebuah GPU yang saat ini sudah mencapai 2 Terra Flops lebih dan tentunya dibantu oleh software engine seperti CUDA (Nvidia) dan STREAM (ATI) sebagai jembatan penghubung antara software yang diproses dan harware yang memproses.

Dengan diklaimnya penggunaan GPGPU dapat mengganti posisi sebuah CPU yang menyebabkan perbedaan kontras dari berbagai pihak. Tentunya pada pihak produsen CPU dan para vendor yang mendukung pengembangan CPU akan melakukan demonstrasi teknologi secara besar-besaran. Dalam hal ini mereka akan terus mencoba melakukan pengembangan agar pasar CPU akan terus bertahan untuk memikat hati para konsumen walaupun dengan cara yang kurang relevan.

1.2 Tujuan

Penulis tertarik dengan jurnal tersebut dan mencoba untuk mengulas isi nya lewat makalah ini. Dengan jadinya makalah ini diharapkan :

1. Mahasiswa dapat menemukan referensi mengenai teknologi GPGPU yang telah dirangkum dalam makalah ini.

2. Teknologi GPGPU yang telah ada dapat menjadi bahan ilmu pengetahuan dalam mempelajari perilaku para produsen dan kompetitornya.

3. Dengan pemanfaatan GPGPU diharapkan dapat membantu kinerja komputasi dalam pengolahan aplikasi digital yang tidak dapat dilakukan CPU secara cepat.

1.3 Metode Penulisan

Penulis membuat makalah ini menggunakan metode observasi dan kepustakaan. Cara-cara yang digunakan pada penelitian ini adalah :

Dalam metode ini penulis membaca hasil temuan informasi yang berasal dari internet berkaitan dengan penulisan makalah ini. Sebelumnya penulis juga mempelajari dan mengamati tentang hasil temuan untuk mendapatkan informasi yang akurat yang berguna sebagai referensi dikemudian hari.




Untuk mengetahui tentang PENGGUNAAN TEKNOLOGI GPGPU SEBAGAI PENGGANTI CPU DALAM PENGOLAHAN KINERJA APLIKASI Lebih lengkap silahkan download disini



1 komentar:

kripterokoris on 15 Maret 2010 19.29 mengatakan...

baik terima kasih contoh paper nya

Kekgiyak.com

Kekgiyak.com
Lingerie Murah dan Terpecaya

Labels

 

Copyright 2015 All Rights Reserved @ Sistem Informasi|Fasilkom Unsri| Mkom Budi Luhur |