Jumat, 27 November 2009

KEYLOGGER SEBAGAI KEJAHATAN PENCURIAN HAK ACCESS


KEYLOGGER SEBAGAI KEJAHATAN PENCURIAN HAK ACCESS


Keylogger merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard. Sebuah keylogger biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol keyboard tersebut ke dalam sebuah berkas log/catatan/rekaman. Beberapa keylogger tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke e-mail tertentu secara periodik.

Keylogger dapat digunakan untuk kepentingan yang baik atau bahkan bisa digunakan untuk kepentingan yang jahat. Kepentingan yang baik antara lain untuk memantau produktivitas karyawan untuk penegakan hukum dan pencarian bukti kejahatan. Kepentingan yang buruk antara lain pencurian data dan password. Namun pada saat ini Keylogger itu sendiri lebih banyak digunakan untuk kejahatan karena dengan mudahnya korban dapat terpedaya terutama dalam memberikan hak accesnya.

Keylogger dibuat dalam 2 jenis yaitu Software dan Hardware, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda dengan tujuan yang sama. Contoh keylogger berbentuk software adalah Invisible Keylogger, KGB Keylogger, dan Stealth Keylogger. Software ini bisa di install ke computer korban dan secara otomatis software ini akan menyembunyikan dirinya sehingga tidak diketahui oleh korbannya. Korban tidak akan bisa melihat program ini sedang berjalan, karena semua software keylogger menawarkan Hide modus (Modus Sembunyi) yang tidak akan menampilkan icon, nama program pada task manager dan lainnya. Banyak juga Trojan yang digunakan para hacker yang berfungsi sebagai keylogger seperti Back Orifice, Netbus, Sub Seven,dll.

Kekurangan dari software keylogger adalah keberadaanya yang dapat dideteksi oleh program-program anti-spyware dan antivirus seperti Norton, Spycop, Who’s Watching me,dll. Sedangkan bentuk keylogger yang mudah digunakan dan tidak terdeteksi anti-spyware dan anti virus adalah hardware keylogger. Hardware keylogger juga dapat bekerja pada system operasi apapun dan bahkan password login system operasi juga bisa direkam.

Pada dasarnya ketikan apapun, dimanapun dan dengan Sistem Operasi apapun tidak berpengaruh terhadap hardware keylogger. Semua ketikan yang dilakukan akan terlebih dahulu melalui hardware keylogger yang telah terpasang sebelum dialirkan ke computer itu sendiri. Karena bentuknya yang berupa hardware, maka untuk memasang keylogger jenis ini diperlukan akses fisik ke computer yang hendak dipasang. Jika anda ingin memasang ke computer yang berada di Afrika,jelas anda harus ke Afrika untuk memasang keylogger hardware tersebut. Inillah alasan mengapa hardware keylogger tidak banyak diketahui secara umum dan tentunya ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi para hacker, bahkan di Indonesia belum ditemukan toko yang menjual produk keylogger hardware ini.

Beberapa situs penyedia keylogger antara lain www.keyghost.com, www.amecisco.com, dan www.keyloggersdirect.com. Hardware keylogger biasanya dipasang diantara konektor kabel asli keyboard dan port mouse pada computer. Karena pada umumnya keyboard saat ini menggunakan konektor PS2 dan USB, hardware keylogger juga tersedia dalam 2 macam yaitu PS2 dan USB. Jenis keylogger semacam ini relative mudah dideteksi dengan melihat secara fisik kabel keyboard computer yang sedang digunakan. Namun,terkadang computer-komputer public seperti warnet memasang lemari kecil untuk komputernya sehingga tidak memungkinkan kita untuk mengeceknya dan hal ini menjadikan bermain internet di warnet menjadi sangat rawan penyadapan. Dengan cara inilah semua enkripsi yang sekuat dan serumit apapun menjadi percuma dan dengan mudah bisa dicuri.

Untuk mengetahui tentang KEYLOGGER SEBAGAI KEJAHATAN PENCURIAN HAK ACCESS Lebih lengkap silahkan download disini



0 komentar:

Labels

 

Copyright 2018 All Rights Reserved @ Sistem Informasi|Fasilkom Unsri| Mkom Budi Luhur |