Minggu, 04 April 2010

SISTEM INFORMASI PENGKREDITAN F.I.F


SISTEM INFORMASI
PENGKREDITAN F.I.F

Oleh
Dian ayu fitriani (09061003008)

Pita Rosemari (09061003002)

Kiki Dwi Priolita (09061003019)

Agus Alfian Rahmad (09061003030)
Jasmo Ari Wibowo (09061003032)


FAKULTAS ILMU KOMPUTER

UNIVERSITAS SRIWIJAYA

INDRALAYA

2009

I. LATAR BELAKANG ORGANISASI

FIF unit Indralaya merupakan anak cabang FIF Prabumulih yang didirikan pada Bulan JULI Tahun 2006,sejarah awal berdirinya FIF diberi nama MITRA PUSTAKA ARTA yang didirikan pada tahun 1989, dimana berdirinya FIF merupakan hasil dari buah pikir PT Astra Honda menanggapi kebutuhan dari masyarakat luas akan kemudahan dalam pembiayaan / Lising ( Pengansuran ) kendaraan bermotor, sesuai dengan hal tersebut diatas maka jelaslah bahwa FIF bergerak di bidang Pengangsuran pembayaran kendaraan bermotor terutama Produk HONDA, akan tetapi beberapa cabang FIF sudah mengembangkan sayapnya ke Produk kendaraan roda dua lainnya seperti Yamaha dan Suzuki.
Demi kepuasan para pelanggan maka FIF turut dikembangkan di Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, yang beralamat pada jalan Palembang Prabumulih KM 32 Timbangan Indralaya, FIF unit Indralaya memiliki kerja sebanyak 13 orang yang terdiri dari 6 orang Kolektor, 1 orang Distributor, 1 orang Kasir, 1 Orang Kreditor, dan 4 Orang berada di Kantor, akan tetapi hal ini dirasakan kurang mengingat besar wilayah yang dihadapi FIF unit indralaya yang meliputi wilayah Indralaya, Pemulutan hingga Muara Karang.
Untuk berhubungan dengan FIF yang ada di Pusat FIF unit Indralaya menggunakan Jaringan Intranet, akan tetapi hal ini dirasakan sering mengganggu dikarenakan sering terjadi kendala-kendala seperti gangguan dari TELKOM dan lain-lain yang mengakibatkan data yang dikirimkan menjadi terhambat.
FIF unit Indralaya telah Menggunakan Tekhnologi untuk menunjang kerjanya, seperti Komputer, Mesin Fax, dan Jaringan komunikasi menggunakan Intranet.
Walaupun pangsa pasar FIF unit Indralaya sudah diterima oleh masyarakat Indralaya akan tetapi perlu diadakan perbaikan di beberapa bidang seperti sistem yang digunakan, dimana nantinya sistem tersebut dapat menangani masalah-masalah yang dihadapi oleh FIF unit Inderalaya, hal ini dirasakan perlu agar FIF unit Indralaya tetap eksis di bidang pengangsuran, ditambah lagi dengan adanya pesaing-pesaing yang kompetitif seperti Adira dan Wong Finan,Adapun Masalah yang dihadapi antara lain yaitu :



1. Kekurangan tenaga kerja.
2. Pemasaran kepada masyarakat yang dirasakan kurang Optimal
3. Produk yang di perbolehkan untuk dilakukan pengansuran hanya difokuskan produk HONDA.
4. Pengiriman data ke FIF pusat dirasakan kurang Optimal atau sering terlambat.
5. Pembayaran pelanggan kepada FIF unit indralaya masih manual dengan membayar langsung ke kantor FIF,sehingga pembayaran sering tersendat dan tidak tepat waktu.



Berdasarkan hasil wawancara didapatkanlah permasalahan sebagai berikut:

· Pengolahan data Pengkreditan untuk melayani pelanggan masih dilakukan secara manual dan belum dilakukan secara optimal.

· Laporan tentang Pengkreditan ,Laboran Data Consumen yang akan diterima oleh pemilik perusahaan terkadang mengalami keterlambatan dan mengalami kesalahan,terkadang staf penyewaan kesulitan dalam melayani consumen dalam jumlah yang banyak yang melakukan pengkreditan.

· Seluruh Laporan tentang Pengkreditan yang akan diterima oleh pemilik perusahaan harus cepat dan tepat dan hanya menggunakan sebuah komputer yang terkoneksi langsung dengan staf perusahaan sehingga pemilik dapat langsung menerima laporan tanpa staf harus mencetak laporan tersebut. Pembayaran pelanggan kepada FIF unit indralaya masih manual dengan membayar langsung ke kantor FIF,sehingga pembayaran sering tersendat dan tidak tepat waktu.

· Pemilik berharap pada sistem yang baru nanti dapat mempercepat proses bisnis dari semua kegiatan pengkreditan.


Stakeholder and User Description

Definisi dari stakeholder

  1. Pemilik atau Kepala Cabang
    • Seseorang yang berkepentingan dalam mengecek atau melihat laporan
    • Tidak berkepentingan langsung dengan system

2. Staff Pengkreditan

§ adalah orang – orang yang berinteraksi langsung dengan sistem.

§ Memberikan laporan kepada ketua perpustakaan

§ Mengelola data-data yang terdapat di dalam system informasi ini

§ Mempunyai hak akses terhadapa system

§ Bersentuhan langsung dengan sistem

3. Konsumen

§ Pengguna fasilitas yang ada di FIF atau yang menjadi objek dalam dokumen ini.

Bussines Use Case



BUSSINES OBJEK MODEL



Bisnis Activity Diagram




untuk lebih lengkapnya mengenai SISTEM INFORMASI PENGKREDITAN F.I.F silahkan download disini


0 komentar:

Blog Teman - Teman

KURS MATA UANG

Semua Ada Disini

Entri Populer

Tampilan Posting


Masukkan Code ini K1-AB9115-7
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Total Pengunjung

free counter

Harga dari sebuah Blog


This website is worth

What is your website worth?

Klik Disini

 

Sistem Informasi. Copyright 2010 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com