Kamis, 20 Mei 2010

Perancangan dan Implementasi Medical Record Pasien Pada RSUD Moh. Husien Palembang


BAB III
ANALISIS DAN PERANCANGAN


3.1 Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak
Pada tahap analisis ini menjelaskan bagaimana Perancangan dan Implementasi Medical Record Pasien Pada RSUD Moh. Husien Palembang Berbasis Intranet. Rumah Sakit harus merumuskan kebijakan-kebijakan strategis antara lain efisiensi dari dalam (organisasi, manajemen, serta SDM) serta harus mampu secara cepat dan tepat mengambil keputusan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat.Administrasi konvensional menunjukan banyaknya kehilangan waktu dan kesempatan memperoleh laba akibat dari lemahnya koordinasi antar departemen maupun kurangnya dukungan informasi yang cepat, tepat, akurat, dan terintegrasi. Seiring dengan kemajuan teknologi, pengaruh globalisasi, tingkat persaingan yang semakin tinggi dan perilaku pasien yang semakin jeli dan kritis dalam memilih pelayanan kesehatan menjadi pemicu Rumah Sakit untuk selalu memberikan pelayanan yang optimal.
Perancangan dan implementasi medical record pasien merupakan sarana pendukung yang sangat penting, bahkan bisa dikatakan mutlak untuk operasional Rumah Sakit khususnya di pelayanan bagian kebidanan. Perancangan dan implementasi medical record pasien merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk untuk pelayanan pasien sehingga akan memudahkan mereka dalam menjalankan operasional kerja sehari-hari. Dan untuk kedepannya, diharapkan agar Perancangan dan implementasi medical record pasien dapat sangat membantu kinerja Rumah Sakit.
3.2 Kebutuhan Sistem
Kebutuhan sistem yang digunakan dalam Perancangan dan Implementasi Medical Record Pasien Pada RSUD Moh. Husien Palembang Berbasis Intranet dengan Hypertext Preprocessor (PHP) yang digunakan meliputi alat serta bahan–bahan penunjang lainnya.
1. Alat yaitu :
1. Processor Intel Core 2 Duo
2. RAM 1 GB
3. Hardisk 80 GB
4. Monitor SVGA Color
5. CDRW Room 52 x
6. Printer
7. USB Flashdisk
8. Keyboard
9. Mouse
2. Bahan Yaitu :
1. Microsoft Windows XP atau sesuai dengan kebutuhan.
2. PHP
3. MySQL
4. Macromedia Dreamweaver MX 2004
5. Microsoft Word XP
6. Microsoft Power Point.

3.3 Perancangan Sistem
Pada Perancangan dan Implementasi Medical Record Pasien Pada RSUD Moh. Husien Palembang Berbasis Intranet yang terdiri dari diagram kontek, diagram level 0, diagram level 1, Entity Relationship Diagram (ERD), rancangan tabel dan antarmuka program dapat dijelaskan seperti dibawah ini.
3.31. Diagram Konteks
Diagram konteks merupakan panduan dasar didalam perancangan sebuah sistem yang akan dibangun. Dalam sebuah diagram konteks terdiri dari atribut, arus data, dan proses. Untuk membangun Sistem dibutuhkan 4 Atribut, 7 arus data, dan sebuah proses utama. Atribut terdiri dari atribut pasien, dokter, administrasi, dan direktur, adapun gambar Diagram Konteks adalah sebagai berikut :





Gambar 3.1 Konteks




3.3.2. DFD Level 0
Diagram Level 0 merupakan pengembangan dari diagram konteks yang terdiri dari 4 atribut, 7 arus data, dan sebuah proses utama. Atribut pasien akan mengisi data pasien, mendapatkan Info pasien, atribut dokter mengisi data dokter dan mendapatkan info dokter. Atribut administrasi mengisi data rawat inap, data obat, data laboratorium, data diagnosa, atribut direktur mendapatkan laporan pasien, laporan rawat inap, laporan obat, laporan laboratorium, laporan diagnosa adapun gambar Diagram Level 0 sebagai berikut.



Untuk lebih lengkapnya tentang Perancangan dan Implementasi Medical Record Pasien Pada RSUD Moh. Husien Palembang silahkan download disini


0 komentar:

Blog Teman - Teman

KURS MATA UANG

Semua Ada Disini

Entri Populer

Tampilan Posting


Masukkan Code ini K1-AB9115-7
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Total Pengunjung

free counter

Harga dari sebuah Blog


This website is worth

What is your website worth?

Klik Disini

 

Sistem Informasi. Copyright 2010 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com