KenariMall.com

Rabu, 02 Desember 2009

Prosedur Pengiriman Multimedia Pada Protokol



Tugas Multimedia
Prosedur Pengiriman Multimedia Pada Protokol


Oleh :

Afrendy Setiawan(09061003035)
Tommy Setiawan(09061003036)



Universitas Sriwijaya
Fakultas Ilmu Komputer
Palembang
Desember
2009





Streaming Protocol


Bagaimana cara sebuah media streaming dapat dikirimkan ke klien? Salah satu pendekatan adalah dengan mengalirkan media dari sebuah web server standar yang menggunakan hypertext transport protocol (HTTP). Protokol tersebut digunakan untuk mengirim dokumen dari sebuah web server. Biasanya, klien menggunakan sebuah media player, seperti QuickTime, RealPlayer, atau Windows Media Player, untuk memutar kembali media yang dialirkan oleh web server standar. Biasanya, pertama-tama klien meminta sebuah metafile, yang berisi lokasi sebuah berkas streaming media. Metafile tersebut dikirimkan ke web browser klien, dan browser akan membuka berkas yang dimaksud dengan memilah media player yang sesuai dengan jenis media yang dispesifikasikan di metafile.

Masalah yang muncul jika pengiriman streaming media dari sebuah web server standar adalah web server tidak dapat memelihara status koneksi dengan klien. Hal ini dapat terjadi karena HTTP merupakan protokol yang stateless. Akibatnya, klien akan mengalami kesulitan pada saat ia melakukan pause selama pengiriman streaming media masih berlangsung. Pelaksanaan pause akan menyebabkan web server harus mengetahui status mana yang akan dimulai kembali ketika klien memutar ulang.

Strategi alternatif yang dapat dilakukan untuk menanggulangi hal diatas adalah dengan menggunakan server streaming khusus yang didesain untuk men-streaming media, yaitu real time streaming protocol (RTSP). RTSP didesain untuk melakukan komunikasi antara server yang melakukan streaming dengan media player. Keuntungan RTSP adalah bahwa protokol ini menyediakan koneksi yang memiliki status antara server dan klien, yang dapat mempermudah klien ketika ingin melakukan pause atau mencari posisi random dalam stream ketika memutar kembali data.

RTSP memiliki empat buah perintah. Perintah ini dikirim dari klien ke sebuah server streaming RTSP. Keempat perintah tersebut adalah:
Setup. Server mengalokasikan sumber daya kepada sesi klien.
Play. Server mengirim sebuah stream ke sesi klien yang telah dibangun dari perintah setup sebelumnya.
Pause. Server menunda pengiriman stream namun tetap menjaga sumber daya yang telah dialokasikan.
Teardown. Server memutuskan koneksi dan membebas tugaskan sumber daya yang sebelumnya telah digunakan.

Gambar 24.2. Finite-State Machine yang merepresentasikan RTSP





Untuk mengetahui lebih lengkapnya mengenai Prosedur Pengiriman Multimedia Pada Protokol silahkan download diSini



0 komentar:

Kekgiyak.com

Kekgiyak.com
Lingerie Murah dan Terpecaya

Labels

 

Copyright 2015 All Rights Reserved @ Sistem Informasi|Fasilkom Unsri| Mkom Budi Luhur |